Cara Ajukan Kredit Mobil yang Aman dan Mudah


Sebelum mengajukan kredit mobil bekas jakarta , ada baiknya Anda menyiapkan sejumlah hal yang diperlukan. Membeli mobil secara cicilan sering dilakukan oleh masyarakat saat ini. Namun, sebelum melakukannya sebenarnya ada sejumlah cara kredit yang harus dipahami betul-betul benefit yang diperoleh dari kredit mobil bekas tersebut.

Hal ini seperti perencanaan keuangan, kriteria, dan lamanya masa kredit yang mesti ditentukan lebih dulu sebelum melakukan pembelian secara kredit. Jangan sampai, mekanisme kredit yang ditawarkan leasing justru memberatkan kreditur nantinya.

Artikel ini akan memberikan Anda lebih jelas apa yang diajukan dalam melakukan kredit.

1. Menyiapkan dokumen pribadi
Pertama, Anda perlu menyiapkan dokumen pribadi yang diperlukan sebagai syara kredit mobil bekas. Dokumen tersebut meliputi :
- Kartu Identitas (KTP/SIM/Passport)
- Slip gaji
- Kartu Keluarga (KK)
- Bukti Pajak Bumi dan Bangunan
- NPWP
- Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir
- Keterangan izin praktik (bagi professional)
- Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP (bagi pengusaha atau perusahaan)

2. Sediakan DP
DP atau Down Payment ialah sejumlah ongkos yang mesti dibayarkan sebelum kredit berjalan. Ini sama seperti yang sudah diputuskan oleh Bank Indonesia dan tertera pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/10/PBI/2015 tentang rasio Loan to Value (LTV) guna pembiayaan kendaraan bermotor diputuskan bahwa uang muka yang dibayarkan kredit mobi berkitar 20 hingga 25 persen dari harga mobil. Namun syarat ini belum termasuk dengan biaya administrasi, asuransi, dan bunga kredit.

3. Cocokkan dengan budget
Setelah dokumen serta uang muka telah dilakukan, sesuaikan harga mobil dengan budget yang dimiliki. Pastikan mobil yang diharapkan sesuai dengan rencana finansial Anda, terutama andai membeli mobil secara kredit. Anda mesti menghitung secara tepat supaya keuangan Anda tidak terganggu. Sebab itu, budget sangat penting dihitung secara detail untuk menghindari ongkos cicilan yang terlampau besar, contohnya 50 hingga 60 persen dari pendapatan. Belum lagi andai ada pengeluaran dadakan yang mesti dikeluarkan dengan cepat.

4. Pilih leasing terpercaya
Ini adalah hal penting lainnya saat Anda ajukan kredit mobil bekas. Setelah memilih mobil yang cocok dengan keperluan Anda dan setuju dengan harga yang ditawarkan, selanjutnya ialah memilih leasing.c aranya ialah dengan mencocokkan harga yang ditawarkan oleh leasing yang satu dengan lainnya, supaya Anda menemukan harga yang rasional. Jangan langsung percaya pada leasing yang memberikan harga paling murah dan memberikan banyak bonus.

5. Tentukan masa kredit
Terakhir dan yang paling penting adalah menentukan masa kredit mobil bekas Anda. Usahakan tidak boleh melewati batas kemampuan sebab akan memberatkan Anda. Semakin lama masa kredit, ongkos cicilan per bulan memang bakal lebih rendah. Namun, andai dijumlahkan total ongkosnya semakin besar. Biasanya leasing akan menyerahkan masa kredit sekitar 1 hingga 5 tahun. Sedangkan lamanya ditentukan oleh Anda sendiri.
loading...